Facebook bisa menjadi platform yang efektif untuk memasarkan produ Anda, asalkan mengerti cara promosi toko online di Facebook. Inilah cara memastikan pemasaran media sosial Anda tepat sasaran. Menjalankan operasional toko online (e-commerce) pada tahun 2020 membutuhkan keterampilan dan kecerdasan seperti menjalankan toko fisik, karena pengusaha dan perusahaan kecil – belum lagi konsumen – terus berbondong-bondong  ke tok online di musim pandemic seperti saat ini.

Meskipun kini banyak platform e-commerce yang populer, strategi dan Cara Promosi Toko Online di Facebook yang beragam yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan dapat digunakan dalam mencapai kesuksesan untuk perusahaan e-commerce Anda.

potensi-jangkauan-facebook-untuk-ecommerce

Potensi jangkauan Facebook untuk e-commerce

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 2,45 miliar pengguna setiap bulan di seluruh dunia, terhitung 1,62 juta pengguna per hari, menurut hasil kuartal ketiga 2019 yang dirilis oleh Facebook.

Untuk melihat lebih dekat pengguna Facebook, menurut data dari Pew Research Center, diperkirakan 74% orang dewasa di negara maju seperti AS memeriksa Facebook setiap hari, dengan lebih dari setengah orang Amerika masuk ke jejaring sosial beberapa kali sehari. Selain itu, berdasarkan survei Pew Research Center, 79% orang Amerika berusia 18 hingga 29 tahun melaporkan menggunakan Facebook. Lansia, bagaimanapun, adalah kelompok usia yang tumbuh paling cepat di Facebook.

Menurut Pew Research Center, penggunaan Facebook oleh orang Amerika yang lebih tua telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2012: Di antara orang Amerika berusia 65 dan lebih tua, 46% menggunakan Facebook, dan wanita melebihi jumlah pria di platform 75% hingga 63%.

Berikut adalah 7 Cara promosi toko online di Facebookyang sukses.

7-cara-promosi-toko-online-lewat-facebook

1. Identifikasi audiens target Anda.

Jika Anda berniat memasarkan produk atau layanan Anda, Anda perlu tahu siapa yang membutuhkan atau menginginkannya. Anda perlu menentukan usia, lokasi, pekerjaan, dan mengapa produk atau layanan Anda baik untuk mereka.

Alat Wawasan Audiens Facebook memungkinkan Anda menggali lebih dalam tentang calon pelanggan Anda untuk menemukan informasi tentang jenis kelamin, pendidikan, status hubungan, lokasi, bahasa, penggunaan Facebook, dan bahkan pembelian sebelumnya.

2. Buat halaman bisnis Facebook.

Membuat halaman bisnis Facebook tidak mahal dan mudah dilakukan. Daftar ke halaman bisnis di Facebook.com/business, dan pilih dari jenis bisnis yang tersedia, termasuk bisnis atau tempat lokal, merek atau produk, dan tujuan atau komunitas. Isi rincian untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang perusahaan Anda. Kemudian mulailah menambahkan gambar atau logo Anda, foto sampul, dan gambar profil – sama seperti menyiapkan halaman Facebook pribadi Anda.

Selanjutnya Anda perlu menambahkan deskripsi singkat tentang bisnis Anda dengan informasi yang akan menarik minat pelanggan potensial Anda. Selanjutnya, buat nama pengguna yang memungkinkan pelanggan untuk menghubungi Anda melalui Facebook Messenger. Anda kemudian dapat menambah deskripsi Anda, memberikan lokasi Anda, dan membuat posting pertama Anda. Sekarang Anda bisa mulai berbisnis – setidaknya di Facebook.

3. Jual produk Anda langsung di Facebook.

Anda dapat menambah variasi toko online yang sudah ada dengan menjual produk Anda langsung di Facebook. Cukup tambahkan toko ke halaman Facebook Anda sehingga pelanggan dapat membeli produk Anda secara langsung. Cukup klik tab “Toko” di Halaman Facebook Anda untuk membawa Anda ke halaman “Jual di Facebook” Manajer Perdagangan, alat yang memungkinkan Anda menautkan akun bisnis, mengatur preferensi untuk pengiriman dan pengembalian, dan menetapkan pembayaran. Dengan pengaturan itu, Anda dapat menggunakan Commerce Manager di Facebook dan Instagram dan bahkan Marketplace untuk beberapa produk.

Anda juga dapat menggunakan platform pihak ketiga seperti BigCommerce, ChannelAdvisor, CommerceHub, Quipt, ShipStation, Shopify atau Zentail dengan toko Facebook Anda. Jika Anda sudah menggunakan platform pihak ketiga, Anda dapat mengatur toko di Halaman Facebook Anda secara otomatis sehingga produk dari platform pihak ketiga Anda muncul di toko Facebook Anda.

7-cara-promosi-toko-online-lewat-facebook-2

4. Buat posting visual.

Pastikan desain e-commerce Anda profesional dan sangat visual sehingga produk atau layanan Anda terjual dengan mudah. Gunakan fotografi dan video profesional selain artikel dan testimonial tentang produk Anda.

Jangan lupa tentang posting Facebook Live, siaran video real-time yang dapat langsung menghubungkan perusahaan Anda dengan calon pelanggan Anda. Ganti gambar dan video produk Anda secara teratur. Izinkan pelanggan dan pengamat untuk berpartisipasi dalam membuat dan menampilkan gambar dan video.

Video adalah konten utama bagi pemasar Facebook dan diharapkan mencapai lebih dari 80% dari semua lalu lintas internet pada tahun 2020. Konten video di Facebook menerima keterlibatan 135% lebih tinggi daripada gambar.

Setelah Anda mengumpulkan konten, tentukan campuran konten yang tepat. Aturan 80-20 menentukan penggunaan 80% posting Facebook untuk menginformasikan, mendidik, dan menghibur, sementara 20% mempromosikan produk Anda. Aturan pertiga media sosial, di sisi lain, menyatakan bahwa sepertiga dari konten Anda harus berbagi ide dan cerita, sepertiga harus melibatkan interaksi pribadi dan sepertiga harus mempromosikan bisnis Anda.

5. Tetap konsisten pada jadwal posting.

Ketika tujuan Anda adalah untuk melibatkan pelanggan dan memperluas pasar Anda, memposting konten yang informatif dan menghibur sangat penting, dan Anda harus berkomitmen pada jadwal sehingga audiens Anda tahu apa yang diharapkan dan kapan. Apakah Anda memposting setiap hari? Beberapa kali sehari? Konten seperti apa yang Anda bagikan?

Jadwal posting Anda akan tergantung pada respon audiens Anda; bersiaplah untuk menyesuaikan pesan Anda, tetapi selalu atur kalender yang sulit untuk memposting, dan jadwalkan posting itu selama jam sibuk. Sebagian besar pengecer memposting pada akhir pekan karena orang memiliki lebih banyak waktu luang, tetapi itu tergantung pada bisnis Anda kapan waktu posting yang optimal sebenarnya.

Facebook Insights dapat membantu menentukan waktu terbaik bagi bisnis Anda untuk memperbarui konten, meskipun postingan tidak selalu muncul dalam urutan kronologis. Konsistensi dan variasi adalah inti dari kesuksesan konten.

6. Umumkan dan promosikan produk Anda.

Meskipun Anda tidak selalu harus gencar promosi penjualan, tidak ada salahnya menempatkan produk dan layanan Anda secara proporsional untuk menghasilkan lalu lintas dan penjualan yang baik, terutama jika Anda memperkenalkan sesuatu yang baru. .

Anda perlu berinteraksi dengan audiens target dan pastikan untuk rutin membagikan promosi di dalam toko online. Hanya perlu beberapa menit untuk membuat dan mengunggah pesan ini, termasuk ajakan bertindak untuk segera membeli produk.

Facebook untuk bisnis terutama tentang membangun hubungan – jika Anda memberikan nilai yang cukup, audiens Anda akan terbuka untuk mempelajari produk dan akhirnya membeli produk Anda.

7. Terlibat dengan pelanggan.

Seringkali, pelanggan dan penggemar Anda mungkin memposting konten di media sosial, dan Anda harus (dengan izin) membagikan konten itu kepada audiens Anda. Anda juga dapat mempromosikan hadiah dan menawarkan barang berharga gratis untuk menarik orang lain agar ikut mempromosikan produk Anda. Posting paling berharga adalah ulasan produk oleh pengguna.

Apakah klik dan lalu lintas alias trafik kunjungan yang tinggi sama artinya dengan penjualan yang tinggi? Ini adalah pertanyaan abadi untuk situs e-commerce. Seharusnya iya, karena trafik tinggi adalah kunci awal closing penjualan. Oleh karena itu pahami dengan baik Cara Promosi Toko Online di Facebook. Desain toko online di facebook yang memudahkan pelanggan membeli produk adalah kunci keberhasilan.

Selamat Mencoba !