Setelah kalian memahami sedikit tentang copywriting, kalian sekarang bisa mulai belajar copywriting Indonesia. 

Seperti yang sudah kami pada artikel sebelumnya, copywriting merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk memasarkan sebuah produk. Bagi kalian yang masih belum paham apa sih copywriting itu, kalian bisa coba cek artikel kami sebelumnya.

Copywriting Adalah? Mengenal Lebih Lanjut Mengenai Copywriting

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana kalian, para calon-calon copywriting muda, bisa dapat dengan mudah membuat copywriting yang menguntungkan bagi bisnis kalian.

Terdapat sebuah panduan dan juga langkah-langkah yang sudah kami siapkan sebagai referensi yang bisa selalu kalian gunakan di sini. Tentunya, semua ini bagi kesuksesan produk kalian.

Panduan Membuat Copywriting yang Menjual

Jika kalian sudah membaca sedikit-sedikit mengenai copywriting, mungkin kalian akan muncul anggapan bahwa ini merupakan sebuah seni, bahwa copywriting itu abstract. Namun sebenarnya tidak juga lho.

Terdapat beberapa panduan yang bisa kalian ikuti untuk membuat sebuah teks copywriting. Bisa dibilang, sebuah teori dalam membuat copywriting yang bagus.

Maka dari itu, bagi kalian yang ingin belajar copywriting Indonesia kalian bisa langsung lihat panduan-panduan di bawah ini.

  1. Pelajarai Produk yang Akan Kalian Tulis

Hal pertama ketika kalian ingin membuat sebuah copywriting adalah mempelajari produk kalian. Mengenali target penulisan adalah langkah pertama membuat tulisan pemasaran dengan baik.

Kumpulkan informasi mengenai produk, jasa, maupun konten yang ingin kalian pasarkan. Hal ini akan menjadi lebih penting jika produk yang ingin kalian pasarkan adalah produk bisnis kalian sendiri.

Semakin baik kalian mengenal produk kalian, maka akan semakin bagus juga hasil dari penulisan copywriting kalian.

Hal ini dikarenakan kalian dapat mendeskripsikan keunikan, keunggulan, hingga manfaat dari produk tersebut.

Dalam membuat copywriting, mempelajari sebuah produk adalah setengah dari pekerjaan kalian. Sehingga pastikan kalian mencari informasi sebaik-baiknya.

  1. Memahami Apa yang Audien Inginkan

Setelah kalian mengetahui mengenai produk kalian dan menyimpan semua informasi yang relevan mengenainya, anda kemudian harus mengenai audien pasar kalian.

Hal ini penting untuk kalian lakukan. Jika kalian tanya mengapa, maka jawabnya adalah karena merekalah yang akan menggunakan barang kalian.

Kalian bisa membayangkan dengan analogi, “butuhnya sepeda motor tetapi ditawari sepeda listrik”. Dengan kata lain, kalian bisa saja memberikan hal yang berbeda dari yang orang inginkan dari produk kalian.

Keunggulan lain dalam memahami audien produk kalian adalah untuk mendekatkan diri kalian dengan para audien.

Semakin dekat dan personal pesan yang kalian sampaikan dalam tulisan kalian, maka akan semakin tinggi pula kesempatan produk kalian untuk dibeli oleh mereka.

  1. Ciptakan Headline yang Menarik

Sebuah fakta nyata yang terjadi diluar sana, mayoritas audien kalian hanya akan membaca headline atau judul dari tulisan kalian. Hal ini memaksa kalian untuk menciptakan sebuah judul yang memikat.

Ketika kalian mulai belajar copywriting Indonesia, pastikan juga kalian juga mengasah kreatifitas kalian. Kreatifitas menjadi elemen penting dalam menciptakan headline yang menarik.

Terdapat 3 teknik yang bisa kalian coba untuk aplikasikan ketika sedang membuat sebuah headline:

  • Tunjukan manfaat produk;
  • Dorong pembaca untuk membeli produk kalian; dan
  • Tunjukan kredibilitas produk kalian.

Menunjukkan manfaat produk merupakan langkah yang paling mudah untuk dilakukan dan dipahami oleh audien kalian. Mereka akan dengan cepat mengerti apa fungsi atau manfaat dari produk kalian.

Di sisi lain, mendorong pembaca untuk membeli produk kalian bisa dilakukan dengan rayuan-rayuan yang menggiurkan maupun penawaran khusus, seperti limited time offer.

Menunjukkan kredibilitas produk juga bisa menjadi pilihan bagi kalian. Kalian dapat mencantumkan performa maupun jumlah audien yang telah menggunakan produk tersebut sebagai dasar promosi.

  1. Ikuti Dengan Lead yang Memikat

Setelah kalian membuat sebuah headline yang menarik para audiens kalian, kalian juga perlu membuat paragraf yang memikat mereka. Jangan sampai copywriting kalian hanya bagus di judul saja dan tidak memiliki isi.

Ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat paragraf pembuka yang memikat audien kalian ketika belajar copywriting Indonesia, yakni empati, fakta, dan misteri.

  • Menampilkan empati, memiliki kesempatan paling tinggi dalam membuat koneksi antara produk kalian dengan audien.

Tunjukkan bahwa kalian simpatik dengan masalah yang dimiliki oleh audien dan bahwa produk kalian bisa menyelesaikan masalah tersebut.

  • Fakta, juga merupakan senjata yang kuat untuk memikat para audien. Kalian bisa menggunakan kutipan maupun data riset yang menunjang produk kalian. Dengan begini, kalian secara tidak langsung menampilkan kredibilitas produk kalian.
  • Buat audien kalian penasaran, dengan kemampuan produk kalian. Semakin kalian menutupi produk kalian dengan misteri, maka bisa jadi semakin tertarik pula audien kalian untuk membaca atau mencari tahu lebih lanjut mengenai produk kalian.
  1. Buat Copy Berkualitas Tinggi

Selain kalian harus memperhatikan konten dari copy yang kalian ciptakan, kalian juga harus memperhatikan kualitasnya juga.

Ketika kalian belajar copywriting Indonesia lebih seksama, maka kalian akan sadari beberapa elemen yang selalu dimiliki oleh sebuah copy.

Elemen-elemen ini adalah kalimat yang sederhana, personal, dan mengandung manfaat.

Sebagai contoh, kalimat yang sederhana akan lebih mudah untuk diterima oleh masyarakat. Ini akan membuat produk kalian lebih mudah untuk menyebar luas.

Selain itu, iklan yang personal akan lebih mudah diingat, memberikan efek pemasaran jangka lama.

Fitur bukanlah hal yang terpenting. Melainkan manfaat dari fitur tersebutlah yang harus kalian tampilkan kepada audien.

  1. Akhiri Copy Dengan Kalimat Persuasif

Rumus terakhir yang perlu kalian ingat adalah membuat sebuah kalimat persuasif bagi para audien.

Dengan tujuan copywriting adalah memasarkan produk kalian kepada audien, ada baiknya jika kalian memberikan dorongan terakhir dengan kalimat persuasif.

Gunakan element call-to-action atau CTA untuk memoles hasil akhir copy kalian. Terdapat banyak bentuk yang bisa kalian manfaatkan dari elemen ini. Banner, formulir, hingga sebuah tombol bisa menjadi elemen CTA.

Tentunya bentuk CTA yang kalian masukkan harus sesuai dengan media yang kalian gunakan agar lebih efektif.

Teknik Membuat Copywriting Indonesia

Selain ke enam rumus yang sudah diberikan diatas, kalian bisa memanfaatkan 2 teknik ampuh dalam membuat sebuah tulisan copywriting.

Formula AIDA dan teknik slippery slides merupakan sebuah senjata yang paling sering digunakan oleh para penulis copywriting. Kedua teknik ini juga bisa kalian aplikasikan dimana saja, baik dunia digital maupun analog.

  1. Formula A I D A

AIDA merupakan sebuah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Kalian akan sering menemui konsep ini pada dunia pemasaran, dimana para audiennya berawal dari ketidaktahuan hingga menjadi seorang pelanggan.

Pada copywriting, formula ini merupakan kependekan dari rumus yang sudah kita bahas sebelumnya, dimana:

Attention = judul atau headline;

Interest = paragraf pembuka atau lead;

Desire = teks copy; dan

Action = CTA

Dengan begini, kalian dapat memilih cara mana yang kalian gunakan untuk mengingat elemen penting dalam menuliskan teks copywriting.

  1. Teknik Slippery Slides

Di sisi lain, teknik slippery slides merupakan teknik dimana kalimat yang kalian tulis saat ini akan menunjang kalimat selanjutnya.

Teknik ini sangat berguna bagi kalian yang ingin mempertahankan audien untuk membaca teks copy kalian selama mungkin.

Ketika sedang belajar copywriting Indonesia, kalian bisa aplikasikan teknik ini dengan membayangkan efektifitas dari kalimat yang ingin kalian tulis. Semakin mudah ditebak sebuah teks, maka akan semakin cepat bagi audien untuk melewatinya.

Pastikan bahwa kalimat tersebut menarik dan tidak mengandung elemen yang tidak diperlukan.

Akhir Kata

Membuat sebuah teks copywriting bukanlah sebuah seni yang berdasarkan abstraksi. Melainkan terdapat panduan dalam menciptakan sebuah teks copywriting, apalagi bagi mereka yang baru belajar copywriting Indonesia. 

Selain panduan yang bisa digunakan sebagai rumus membuat copywriting, terdapat juga teknik-teknik yang mampu mendorong hasil dari teks copywriting kita. Dengan mengikuti panduan dan teknik yang ada, dapat dijamin hasil copywriting kita akan lebih mendorong produk kita.