Apakah kalian sering melihat yang post Instagram yang ada tulisan “Sponsored”? Tandanya kamu sedang melihat iklan di Instagram. Pertanyaannya adalah kenapa pasang iklan di Instagram merupakan cara yang efektif dan cukup mudah di era 4.0?

Sebab, Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dilansir dari laman Katadata.co.id, di tahun 2021 pengguna Instagram mencapai 88,22 juta pengguna. Ini adalah angka dari 86,6% dari jumlah total pengguna internet di Indonesia, fantastis bukan?

Karena itu, banyak orang yang berlomba memanfaatkan laman Instagram untuk mengiklankan produk mereka melalui fitur Instagram Ads. Sebab, Instagram berbasis visual seperti foto atau video. Sehingga, iklan akan lebih mudah untuk konsumen lihat.

Di bawah ini, kami akan membahas cara mudah pasang iklan di Instagram lengkap dengan alasan mengapa harus Instagram Ads, simak!

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads merupakan fitur yang dirilis oleh Instagram pada 2013. Fungsinya agar para penggunanya dapat mempromosikan produk, jasa maupun campaign mereka sesuai dengan kriteria pengguna Instagram. Maka dari itu, fitur ini banyak digunakan para pebisnis untuk menjangkau audience yang lebih luas dan meningkatkan engagement bisnis mereka.

Bentuk iklan seperti apa? Instagram Ads akan membuat iklan kalian terpampang di beberapa variasi postingan, mulai dari single post, carousell, story dan video. Menarik bukan?

Keunggulan dari Instagram Ads

Cara Instagram Ads untuk memasangkan iklan di lamannya banyak disukai oleh banyak kalangan. Bahkan dari kalangan pebisnis pemula hingga profesional, ini sebabnya:

  1. Instagram telah diakuisisi oleh Facebook dan keduanya terintegrasi. Sehingga, banyak pengguna yang sudah familiar dengan fitur-fiturnya.
  2. Instagram berbasis visual. Yang mana memudahkan target audience untuk melihat produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Postingan iklan dari Instagram Ads nampak sama seperti postingan biasa dan tidak terlihat agresif atau berlebihan.
  4. Variasi media iklan yang beragam.
  5. Fitur yang berlimpah. Mulai dari menentukan targeting, budgeting, scheduling hingga penyesuaian kebutuhan iklan oleh Instagram.

Yang kamu butuhkan sebelum pasang iklan di Instagram

Berikut adalah hal-hal yang kamu butuhkan sebelum mulai beriklan di Instagram:

1. App Instagram

2. Business Manager

3. Facebook Ads Manager

4. Power Editor

Di bawah ini adalah cara memasang iklan di Instagram menggunakan aplikasi Instagram dan juga Ads Manager untuk menganalisanya. Tenang, caranya cukup mudah dan efektif untuk kamu yang pertama kali beriklan di Instagram.

Berapa biaya untuk beriklan di Instagram? Harga untuk beriklan di Instagram dipatok mulai dari 20.000 perharinya. Selain itu, budget juga disesuaikan oleh seberapa banyak audience yang ingin kalian capai dan durasinya.

Cara pasang iklan di Instagram dengan mudah

Setelah tahu apa yang kamu butuhkan, berikut adalah tutorial atau cara pasang iklan di Instagram dengan cara yang mudah melalui smartphone kalian:

1. Ubah Instagram kalian menjadi akun bisnis

Langkah pertama adalah dengan login Instagram kalian. Lalu, profil dan klik titik 3 di pojok kiri atas. Kemudian masuk ke settings dan klik “Akun”. Di bagian paling bawah akan ada tulisan “Switch to Professional Account”

Pilih Business. Lalu tentukan kategori bisnis akun kalian dengan mengetik keyword pada kolom search. Setelah itu isi data, kontak dan lengkapi profil kalian.

Pada tahap selanjutnya, anda dapat menghubungkan akun Instagram ke akun Facebook kalian. Step ini sangat penting karena akan berpengaruh ke cara memasang iklan di Instagram dan menganalisanya.

2. Menentukan Platform Editor

Tentukan platform editor yang anda mau gunakan. Tersedia beberapa pilihan yang kami sebutkan sebelumnya. Namun yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi Instagram dan juga menganalisanya dengan Facebook Ads Manager.

3. Memilih post/story yang akan dipasang di Instagram Ads

Sekarang, buka laman profil kalian dan pilih post yang cocok. Nah, jika anda sudah mengubah akun anda menjadi akun bisnis kalian akan menemukan tulisan “Promote” seperti ini.

4. Mengatur Kustomisasi Iklan

Oke, sekarang terdapat beberapa langkah sebelum iklan kalian akan dipost oleh Instagram

Tentukan target iklan yang ingin kalian capai. Terdapat tiga pilihan, yaitu:

  • 1. More Profile Visits: ketika diklik link akan menuju ke laman profil Instagram.
  • 2. More Website Visits: terdapat action button yang jika diklik akan mengarah ke laman website.
  • 3. More Messages: yang terakhir jika link akan menuju ke laman direct messages anda.

Kemudian tentukan target audience, saat ini di September 2021 terdapat tiga pilihan target audience yang bisa kalian pilih, yaitu:

  1. Special Ad Categories: digunakan untuk promosi campaign, pemilu, atau bahkan politikus yang mempromosikan sesuatu.
  2. Automatic: Instagram akan menentukan sendiri target audience ke pengguna. Dengan pertimbangan, audience yang kriterianya mirip dengan followers kalian.
  3. Create your own: Memilih secara spesifik target audience apa yang akan kalian capai. Kemudian Instagram akan memberikan sebuah prediksi seberapa potensial iklan anda.

Selanjutnya ada pilihan budget dan durasi iklan yang akan kalian pasang. Sebaiknya, sesuaikan dengan kebutuhan dan target audience kamu. Karena semakin tinggi harga dan durasi yang dipilih, kemungkinan untuk iklan anda sampai ke target audience juga semakin besar.

5. Cek ulang dan lihat preview iklan Instagram kalian

Setelah semuanya telah kamu tentukan, sebaiknya kalian cek ulang apakah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Kemudian jangan lupa untuk melihat preview iklan anda di “Preview Promotion”

Berikut adalah preview ketika iklan kalian sudah terunggah di laman Instagram Post, Story dan Explore.

6. Bayar menggunakan kartu kredit atau debit

Pilih metode pembayaran. Tapi, per Agustus 2021 ini Instagram hanya bisa melakukan pembayaran lewat kartu kredit atau debit.

7. Segera klik “Create Promotion”

Jangan lupa klik “Create Promotion”, agar pilihan dan kustomisasi yang sudah kalian tentukan tidak terhapus.

8. Cek secara berkala di laman profil promotion

Terakhir, kamu akan mendapat notifikasi seperti ini. Tandanya iklan kamu sedang direview oleh Instagram dan akan segera diunggah ke Instagram.

Kemudian untuk melihat apakah iklan kamu sudah terbit, kembali ke laman profil dan masuk ke bagian “Promotion”. Di situ akan terlihat berapa orang yang sudah melihat iklan kamu.

Daan Selesai. Cukup mudah bukan?

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasang iklan di Instagram

1. Cara Menentukan Target Audience yang kamu mau

Jika di step ke-3 kamu memilih “Create Audience” maka laman ini yang akan muncul. Kalian bisa membuatnya lebih spesifik seperti nama audience, target lokasi, interest hingga umur. Kemudian Instagram akan memberikan prediksi potensi target tercapai.

Baca juga: Cara Menentukan Target Market, Langkah Sukses Digital Marketing

2. Worth it/Tidak?

Saya akan bilang worth it jika kalian tahu target audience bisnis anda. Karena itu, jangan lupa survey apakah target audience kalian bermain Instagram sebelum pasang iklan ya.

3. Melakukan analisa melalui Facebook Ads Manager

Setelah mengintegrasikan Instagram dengan Facebook, kalian akan bisa track siapa saja yang melihat dan melakukan analisa lewat Facebook Ads Manager.

Kesimpulan

Kehadiran Instagram Ads sangat membantu para pebisnis untuk melakukan promosi ke target yang kita mau. Kustomisasi yang beragam, integrasi dengan Facebook dan iklan yang tidak agresif. Itulah alasannya mengapa banyak yang menyukai beriklan di Instagram.

Lewat visual yang dapat kalian kustomisasi baik gambar maupun video, para target audience akan lebih memahami isi iklan. Maka dari itu pilihlah postingan yang sesuai dengan target audience dan aspek lainnya.

Worth it atau tidaknya Instagram Ads tergantung kalian sendiri. Namun, jika target audience kalian banyak bermain di Instagram maka akan sangat worth it untuk memasang iklan di Instagram.

Di lain kesempatan, kami akan membahas cara pasang di Instagram memakai cara yang lebih ahli dengan kustomisasi yang lebih variatif. Tetap simak Belajar Digital Marketing di kelaspersuasi untuk lebih lanjutnya ya.

Yuk mulai beriklan di Instagram!